Welcome
Welcome to Cross-written
Posted on 06.32

Worship!

Filed Under () By dung2x di 06.32

Yoh 4:23 - Yet a time is coming and has now come when the true worshipers will worship the Father in spirit and truth, for they are the kind of worshipers the Father seeks.

Minggu lalu pastor di gerejaku share firman tentang worship. Aku mikirnya, kedengerannya topik yang biasa2 aja dan paling isinya itu2 aja, tentang worship itu lebih dari sekedar musik gitu2 deh. Hahaha.. *dasar anak sok tau* Tapi ternyata aku diberkati banget ama sharingnya. And I am reminded that sometimes I do take "worship" for granted :p

Menjadi pelayan Tuhan dalam bidang musik, worship itu kayanya bukan hal baru for me. Tapi justru karena bukan hal baru, makanya kadang suka lupa apa arti worship yang sebenarnya. Seringkali aku malah lebih fokus ke chord2 yg dimainkan biar bagus, tp lupa ga fokuskan hati ke Tuhan (which is actually the more important aspect in worship).

Sooo... hari ini mo share sedikit apa yang aku dapet about worship. Hehe... Kita mulai dari awal, cari di mana sih kata worship itu muncul pertama kali di alkitab. Ada yang tau??? (jgn nyontek jawaban di bawah ya... Hahahah...)

Ternyata teman2, worship itu muncul pertama kali di bible waktu Abraham hendak mempersembahkan anaknya kepada Tuhan! Mari kita baca....

Kej 22:3-5 Early the next morning Abraham got up and saddled his donkey. He took with him two of his servants and his son Isaac. When he had cut enough wood for the burnt offering, he set out for the place God had told him about. On the third day Abraham looked up and saw the place in the distance. He said to his servants, "Stay here with the donkey while I and the boy go over there. We will worship and then we will come back to you."

Aku yakin semua dah tau cerita tentang Abraham. Seseorang yang setia menunggu janji Tuhan 25 tahun untuk dapetin seorang anak, tapi kemudian Tuhan minta anak ini dipersembahkan. Trus gimana Abraham itu taat, Tuhan melihat kesetiaannya, dan akhirnya anak itu ga jadi dikorbankan. Beautiful story.... untung aku bukan Abraham, bisa ga jadi beautiful story lagi... ga mau korbanin anak... hahahahhaa...

Aduh kok jadi ngelantur... hahahahhaa... ok, kembali ke lappp-toppp... So! Apa yang kita bisa belajar tentang worship dr cerita ini?

....... *Kasih 5 menit untuk mikir*....... (jgn nyontek!!!)


Ga tau kalian berhasil come up with what answer... hahah.. tp yg aku dapet yaa:

1. Worship = giving your best

Spt Abraham yang rela beri yang terbaik dalam hidupnya (anak satu2nya lho!!) buat Tuhan, itulah worship yang Tuhan cari dari kita. Kerelaan kita untuk beri yang terbaik dalam hidup kita. Kadang kita ga sadar, kita pikir udah melayani di rumah Tuhan artinya sudah memberi yang terbaik. Tapi coba kita refleksi diri masing2, apa bener kita udah beri yang terbaik?

Waktu mo kasih uang persembahan, ambil lembaran duit yang gede ato kecil? Jam doa ama Tuhan, apa kita kasih waktu kita yg terbaik (waktu kita lagi fresh), ato cuma 5 menit sebelum tidur? Apa kita datang ke Tuhan setiap waktu, ato cuman kalo lagi ada masalah? etc etc.

Aku ga tau jawaban kalian, tapi yang jelas... aku sendiripun sadar kalo aku juga blum kasih yang terbaik buat Tuhan. Tapiiii... kan hari ini dah diingetin, so yuk kita sama2 berusaha untuk kasih yg terbaik! :) Ingat kalo Tuhan udah beri yang terbaik buat kita (anak satu2nya lho!!!) Huehuehuhe...

Lanjut.... next point...... Seringkali kita mikir worship itu berhubungan ama musik, ato saat2 kita menyembah Tuhan gitu lah. Tapi ternyata definisi worship lebih dari itu!

2. Worship = obedience

Abraham taat waktu Tuhan minta anaknya. Sebenernya yang Tuhan perduli itu bukan persembahannya, tapi kesetiaan dan ketaatan Abraham! Contoh lain yang menunjukkan kalo Tuhan itu lebih disenangkan dgn ketaatan drpd persembahan: Saul yang ga taat, dikira Tuhan senang dgn persembahannya (1 Sam 13)

Soo... sebenernya worship itu bukan cuman buat para pelayan musik. Worship itu related ke setiap dari kita... bagaimana kita menjalani hidup kita sehari2...

Apa kita mo taat perintah Tuhan, ato mo jalan sendiri? Apa kita tunduk kepada boss di kantor krn bible berkata untuk tunduk kepada majikan kita (Ef 6:5-8)? Apa kita suka curi2 waktu browsing internet di kantor, padahal alkitab berkata apapun yang kita perbuat, perbuatlah spt untuk tuhan (Kol 3:23)? Only you know the answer.... hehehe...

And I'd like to sum up with this.... Being a true worshipper means our lifestyle reflects worship anytime, anywhere. Bukan cuma action yg kita perbuat di hari minggu waktu kebaktian ato waktu saat teduh di rumah, tapi kita bisa worship Tuhan setiap saat dan di mana saja dengan tingkah laku kita (or bisa juga merendahkan Tuhan for that matter... :p).

Well, I hope we all learn something today. Mari jadi pelaku firman dan bukan pendengar saja supaya kita bisa lebih lagi worship Tuhan melalui hidup kita!

Have a blessed week!

1 komentar

Fida Abbott on 8 November 2007 pukul 20.38  

Setuju Dung2X.
GBU!!!